Universitas Hang Tuah Menjamin Kualitas Lulusan Melalui: Asesmen Lapangan Ban-pt Menuju Words Class University

17 Maret 2024 | 14.08 WIB Last Updated 2024-03-17T07:51:25Z

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - 16 Maret 2024, Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan, Universitas Hang Tuah (UHT) menyambut Asesmen Lapangan yang dilakukan oleh Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UHT  Prof. Dr. Ir. H. Supartono, MM., CIQaR, di ruang seminar P. Enggano Rektorat UHT. Jln Rahman Hakim 150 ,Surabaya didampingi Wakil Rektor I-III, Wakil Yayasan Nala, dan seluruh pejabat universitas.

Sebelum acara di mulai tim  assesor disuguhi pertunjukan  genderang Gita  Jalasena dari Fakultas Vokasi pelayaran (FVP) UHT.Hadir sebagai Tim Asesor adalah Prof.Dr. Dewi Susanna, Dra. M.Kes  (UI), Prof., Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc (IPB), , Prof. Dr. FR, Mella Ismelina Farma Rahayu. S.H., M.Hum (UNTAR), serta Adi Putro Hastariyadi, S.Pd., MM sebagai staf BAN-PT. Turut hadir secara daring Prof. Dr. Drs. L. Poltak Sinambela, M.M. Kegiatan assessment Lapangan diadakan selama 3 hari, tanggal 15-17 Maret 2024.Pada hari pertama, Tim Asesor meninjau fasilitas Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) , Kapal  Simulasi Fakultas Vokasi Perkapalan(FVP), serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UHT.

Pada hari kedua dan menghadirkan  Mahasiswa, tenaga kependidikan(Tendik), Dosen, alumni UHT dan pengguna  alumni (Stakeholder) UHT.

Dalam sambutannya, Rektor menegaskan bahwa Asesmen Lapangan merupakan bagian penting dari proses akreditasi yang berkaitan dengan penilaian mutu terkait input, proses, output, outcomes, dan sistem manajemen mutu pendidikan. Akreditasi sangat penting bagi keberlangsungan institusi dalam menjalankan visi dan misi serta menjamin kualitas pendidikan dan lulusan."Peraturan pemerintah menegaskan penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi oleh BAN-PT dan lembaga akreditasi mandiri. Eksistensi akreditasi merupakan langkah tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas lulusan," tegas Rektor.

UHT yang berdiri tahun 1987 di bawah Yayasan Nala merupakan wujud komitmen TNI AL dalam pengembangan pendidikan tinggi. Kini, universitas tersebut telah berusia 37 tahun dengan berbagai kemajuan yang diraih berkat dukungan Yayasan dalam pengembangan institusi, program studi, sarana prasarana, dan mutu lulusan.Selaras dengan visi menjadi pusat pengembangan SDM kemaritiman dan IPTEKS kelautan berkelas dunia, civitas akademika UHT berkomitmen kuat mencapainya melalui misi yang berlandaskan disiplin, profesional, dan moral. "Kami menyambut baik kehadiran Tim Asesor BAN-PT di UHT. 

Semoga asesmen lapangan ini yang dekat dengan Dies Natalis ke-37 pada Mei nanti dapat menjadi momentum pencapaian akreditasi unggul bagi Universitas Hang Tuah," pungkas Rektor

Dalam sambutan Prof. Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc. mewakili tim aksesor mengatakan "kita kesini bukan sebagai polisi atau jaksa yang menghakimi, mencari kesalahan tetapi berdiskusi tentang kemajuan pendidikan  di UHT".

Setelah acara utama selesai dilaksanakan, dilakukan penandatanganan berkas oleh para asesor yang hadir. Kemudian, penyerahan berita acara acara kepada pihak terkait sebagai dokumentasi resmi. Selain itu, panitia juga menyerahkan cindera mata kepada para asesor dan perwakilan dari BAN - PT sebagai kenang-kenangan. Tak ketinggalan, momen istimewa diabadikan dengan sesi foto bersama Rektor UHT sebagai tuan rumah acara. (Kominfo UHT 2024).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Universitas Hang Tuah Menjamin Kualitas Lulusan Melalui: Asesmen Lapangan Ban-pt Menuju Words Class University

Trending Now