Ramadhan, PDDI aksi Saling Berbagi di Desa Pendonor Darah Betro Mojokerto

Admin JSN
17 Maret 2024 | 14.04 WIB Last Updated 2024-03-17T07:04:44Z


MOJOKERTO | JATIMSATUNEWS.COM: Menyongsong bulan Suci Ramadhan, PDDI, Perhimpunan Donor Darah Indonesia menggelar Donor Darah di Desa Betro Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Minggu 17/3/2024.

Memiliki target mengumpulkan 250 kantong darah dalam 2 gelombang, kegiatan dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada hari ini tanggal 17 Maret dengan target 125 kantong, sementara gelombang kedua akan menyusul pada tanggal 24 Maret.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pendonor yang telah berbagi darah, pada bulan Ramadhan ini pendonor juga mendapatkan bingkisan berupa mie sebanyak satu dus sebagai wujud dari tema yang diusung: "Ramadhan Berbagi".

Desa Betro, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, selama ini telah dikenal dalam upayanya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah bagi kesehatan masyarakat. 

Berawal pada pada bulan November 2013, ketika Unit PDDI (Pokja Donor Darah Indonesia) Desa Betro terbentuk dengan komposisi yang kuat, dipimpin oleh Muhadi, S. Sos sebagai Ketua.

Dibawah perlindungan Kepala Desa Betro dan perangkat desa, serta dengan arahan dari Ketua PDDI Kota Mojokerto, komunitas ini mulai menyebarkan sosialisasi tentang manfaat donor darah dan pentingnya keterlibatan masyarakat. Awalnya, minat masyarakat terhadap kegiatan donor darah ini belum begitu tinggi, dengan hanya sekitar 30 peserta pada kegiatan awal. Namun, melalui upaya yang terus-menerus, saat ini jumlah peserta telah meningkat drastis menjadi mencapai 150 kantong darah setiap kegiatan.

Salah satu aspek penting yang ditekankan oleh PDDI Desa Betro adalah kerjasama dengan UDD PMI Kota Mojokerto untuk memastikan kebutuhan darah sesuai dengan permintaan. 

"Hal ini merupakan hasil arahan langsung dari Ketua PMI Jatim, Bapak H Imam Utomo, yang menekankan bahwa stok darah haruslah sesuai dengan kebutuhan, bukan berlebihan," tutur Ketua PDDI. 

"Tujuan lanjutan dari aksi PDDI di desa Betro adalah menjadikan desa sebagai Desa Pendonor Darah," tegas Muhadi pada Jatimsatunews Minggu 17/3/2024.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ramadhan, PDDI aksi Saling Berbagi di Desa Pendonor Darah Betro Mojokerto

Trending Now