Viral Beredar! Foto Asli Kondang dan Gambar di Surat Suara Caleg DPD Jatim

Admin JSN
17 Februari 2024 | 18.46 WIB Last Updated 2024-02-17T23:29:27Z

Viral Beredar, Foto Kondang Asli dan Gambar di Surat Suara DPD 

POLITIK | JATIMSATUNEWS.COM: Perhitungan perolehan sementara real count KPU masih berlangsung, termasuk untuk DPD, Dewan Perwakilan Daerah. Non Partai, yang 4 orang dengan perolehan suara terbanyak akan melenggang ke Senayan.

 Salah satu nama yang cukup mencolok yakni nama Kondang Kusumaning Ayu. Tak banyak referensi terkait Kondang Kusumaning Ayu. Bahkan Kondang tak bersedia mempublikasikan profilnya di laman KPU. Namanya mencuat setelah pemilih di Media Sosial termasuk Tik Tok mengaku memilih Kondang karena kepincut wajah cantiknya di lembar surat suara dengan nomor 10. 

Mengapit Ketua Komnas Pendidikan Jatim Kunjung Wahyudi dan Aktifis Perempuan Ketua HKTI Ning Lia Istifhama.

 Tak pelak pencarian atas profil Kondang terus banyak dilakukan. Terkini muncul gambar foto Kondang ketika hadir di KPU beberapa waktu lalu disandingkan dengan wajahnya di surat suara dengan tulisan Asli di foto pertama.

 Komentar bermunculan, salah satunya datang dari lelaki tim salah satu kandidat DPD. 

 "Yang sedang viral dan dipilih oleh masyarakat jatim untuk anggota DPD RI. Masyarakat jatim masih mudah ketipu dengan tampilan wajah tanpa dilihat kinerja atau programnya," ucapnya. 

 Lebih lanjut lelaki berpengaruh yang enggan disebut namanya ini bahkan mempertanyakan apakah tampilan foto asli yang berbeda dengan di surat suara bisa dilaporkan sebagai kebohongan publik.

 "Kebohongan publik seperti ini bisa tdk dilaporkan yaaa," tuturnya setengah bercanda. 

Sementara itu tanggapan datang dari aktifis perempuan Yuli.

Bagi Yuli,  pemilik nama Yuliati Umrah
Direktut eksekutif alit indonesia
Salah satu tokoh 80.pemimpin terbaik dunia versi pemerintah AS, ini ada unsur kesengajaan.

"Buat saya ini ada unsur kesengajaan. Kan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun dengan konstituennya gitu. Kalau kemudian orang-orang dengan tidak memiliki rekam jejak apapun dan tinggal nyatut gitu kan itu melemahkan aksi-aksi yang sudah dipupuk dan dilakukan secara sukarela oleh oleh tokoh-tokoh yang sudah kita harus kita support,"lanjutnya. 

Apalagi dengan kasus pencatutan foto Ning Lia sebagai bahan kampanye Kondang,  ini jelas baginya tidak etis dan sebagai salah satu upaya melemahkan tokoh aktifis perempuan yang sesungguhnya.

"Gitu itu ya sebenarnya pola-pola untuk melemahkan gerakan perempuan. Salah satunya dengan memunculkan tokoh tanpa rekam jejak yang pakai profil tokoh dengan rekam jejak yang baik agar publik  seakan akan memilih orang yang benar tetapi malah tertipu. Ini menunjukkan upaya pelemahan aktivis perempuan di ruang politik   ," ucap Yuli dalam wawancara dengan JatimSatuNews.

 Berikut adalah perolehan suara DPD per pukul 18.23
 1. H. A La Nyalla M Mattaliti 1.593.125
 2. Kondang Kusumaning Ayu 1.456.255
 3. H Agus Raharjo 1.385.631
 4. Dr. Lia Istifhama 1.432.910
Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Viral Beredar! Foto Asli Kondang dan Gambar di Surat Suara Caleg DPD Jatim

Trending Now