Juri Sampai Heran, Desa Bersih tanpa Tempat Sampah Trawas Juara 2 Provinsi

Admin JSN
22 Januari 2024 | 05.49 WIB Last Updated 2024-01-24T21:23:11Z

MOJOKERTO | JATIMSATUNEWS.COM: Lazimnya, tempat sampah selalu ada di depan rumah, sebagai indikasi pola hidup bersih warga. Sesuatu yang tak berlaku di Desa Trawas, desa peraih juara 2 lomba desa bersih tingkat provinsi Jawa timur.

"Waktu itu juri sampai heran, kok tidak ada tempat sampahnya tapi desanya bersih. Lalu kami tunjukkan bahwa sampah diletakkan dibawah wastafel. Sampah organik di dalam sebuah kaleng, sampah non organik, botol, plastik, kresek dan lain-lain di kantong plastik. Sampah organik tidak akan berbau busuk dalam keadaan terbuka sampai 2 hari, coba saja pada kulit udang. Jangan dikantongin kalau sudah mengupas, tak akan berbau, masih basi belum busuk, " urai Ulli. Kenyataan yang bikin terpana peserta study banding dari Kraton perum Harmony.


Sampah orhanik yang terbuka selama 2 hari itu ternyata akan dibawa ke titik kumpul dan diangkut petugas sampah. Dihancurkan hingga berbentuk pasta siap jadi materi pembuatan kompos . 

 "Sampah organik yang diproses tidak bau. Malah bau bumbu," urai Ulli lulusan UB Malang yang ketika menjelaskan ditemani Direktur Wehasta Pak Toko dan Rambo dengan pengakuan untuk menemukan metodenya itu dia riset sampai 5 tahun. 


Penjelasan  yang menarik bagi peserta study banding. Pernah disampaikan pada peserta study bannding rombongan Kades Sidogiri yang berkunjung 1 Januari 2024 lalu dan  RW Kraton Harmony  RW yang datang Minggu kemarin, 21/1/2023. Desa Sidogiri dan RW Kraton Harmony memiliki TPST tapi memiliki masalah dengan luberan sampah meski Bank Sampah sukses meraup keuntungan.

"Wah, ini kemungkinan bisa kita lakukan. Yang penting masyarakat edukasi dulu," respon ketua RW Darso ditemani istrinya Ketua Bank Sampah BISSA dan Ketua RT Asman dan Aguk saat ikut langsung penjelasan.

Nampak sekarang, di desa Trawas warganya terbiasa milah milih sampah. Jadi tanpa tong sampah di luar rumah lingkungan tetap bersih.

"Yang penting tahapannya dilakukan. Kami siap mendampingi," ujar Ulli.

Study banding ke TPS 3 R di Desa Trawas berlangsung menyenangkan. Rekreasi sekaligus mendapat manfaat. Kuliner enak di  Resto nan Segar Paseban Agung, Melihat TPS3R, Petik Sayur di Rumah Kompos, berakhir jalan-jalan ke Alas Venuuz, kawasan camping yang viral. Ans



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Juri Sampai Heran, Desa Bersih tanpa Tempat Sampah Trawas Juara 2 Provinsi

Trending Now