Mahasiswa UPN Veteran Jatim Melaksanakan pengabdian di desa Sumberjo, Bojonegoro

Admin JSN
01 Desember 2023 | 15.12 WIB Last Updated 2023-12-01T08:12:41Z


Mahasiswa UPN Veteran Jatim Melaksanakan pengabdian di desa Sumberjo, Bojonegoro

BOJONEGORO | JATIMSATUNEWS.COM: Pada tanggal 29 September 2023, Mahasiswa asal Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jatim berjumlah 5 (lima) orang melaksanakan program pengabdiannya yaitu Bina Desa UPN Veteran Jatim. Berlokasi tepatnya di desa Sumberjo, kecamatan Margomulyo, kabupaten Bojonegoro para peserta telah mempersiapkan beberapa inovasi dan kreatifitasnya melalui beberapa program kerja yang telah direncanakan sebelum-sebelumnya.


Adapun pemilihan lokasi di desa Sumberjo yang akan dibantu untuk menjadi salah satu desa wisata telah ditentukan oleh pihak dosen beserta penyelenggara lainnya dengan memperhatikan potensi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada. Potensi yang ada meliputi pertunjukkan jaranan, wayang thengul dan tari jumantara sebagai tarian penyambut wisatawan, bermain gamelan, belajar tarian, melihat pengolahan umkm lokal dan masih banyak lagi. Hal tersebutlah yang coba dipahami dan kembangkan oleh peserta-peserta Bina Desa UPN Veteran Jatim.


Bagi peserta juga dikatakan cukup siap untuk melaksanakan program pengabdian tersebut. salah seorang peserta yaitu Afroh menyebutkan "kami telah observasi dan survey sehingga sedikit memiliki pandangan terhadap apa yang akan kami lakukan di lokasi Bina Desa kali ini."


Beberapa ide dan rencana yang akan dibawa dan coba direalisasikan oleh peserta adalah Branding Desa Wisata Margomulyo, Pelatihan Pemandu Wisata, Pelatihan Pengambilan Gambar, Produk UMKM, Pembuatan Spot Foto (Gambar Wayang Thengul di jalan). Pembuatan Pendopo, dan Pembuatan Paket Wisata.


Ditulis oleh: Lailatur Rofiani Afroh dan Novalva Nur Rohaini, Pariwisata, FISIP, UPN "Veteran" Jawa Timur. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UPN Veteran Jatim Melaksanakan pengabdian di desa Sumberjo, Bojonegoro

Trending Now