Launching Program PIP, Kades Pronojiwo Minta Batuan Dinas Untuk Bisa MOU Dengan Dinas Perkebunan

Admin JSN
17 Oktober 2023 | 19.39 WIB Last Updated 2023-10-17T12:39:56Z
Momen gunting pita oleh kades pronojiwo, dan dinas pariwisata lumajang, beserta DPM Kabupaten dan Provinsi
LUMAJANG | JATIMSATUNEWS.COM: Terpilih menjadi desa mandiri dan mendapat program Desa Berdaya. Pada hari Selasa, 17 Oktober 2023 pemerintah me-launching program terbarunya yang berkenaan dengan pariwisata dan UMKM. Pusat Informasi Pariwisata (PIP) atau Tourist Information Center.

Dimulai pukul 10.31 WIB acara ini turut mengundang pelaku wisata, dan pemilik produk UMKM di Desa Pronojiwo. Dihadiri secara langsung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, DPM (Dinas Pemberdayaan Masyarakat) Kabupaten Lumajang, dan DPM Provinsi Jawa Timur.  Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara launching ini menampilkan Tari Remo, Tari Sekar Seriti, dan kesenian Barong Cokot. Di mana diiringi langsung oleh gamelan dari Grup Krida Budaya Dusun Rowo Baung, Desa Pronojiwo. 

Berkesempatan menjadi yang pertama kali memberikan sambutan. Kepala Desa Pronojiwo yang merupakan pemilik hajat mengajak untuk mengolaborasikan UMKM dan juga pegiat wisata yang ada di Kecamatan Pronojiwo. Selain itu, kepala desa yang menjabat sejak tahun 2020 itu menyampaikan bahwa kesiapan program PIP ini baru mencapai 75 persen. Juga secara langsung meminta bantuan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat. Tentang keinginan pemerintah Desa Pronojiwo untuk melakukan MOU dengan Dinas Perkebunan. Mengenai bangunan yang  sudah tidak dipakai kurang lebih 25 tahun, padahal selama ini pemerintah Desa Pronojiwo yang merawatnya. 

Dalam sambutannya Kepala Desa Pronojiwo itu menyampaikan etika baik yang telah diupayakannya. Untuk mendapatkan jawaban dari Dinas Perkebunan selaku yang berwenang atas bangunan yang tidak terpakai puluhan tahun itu.

Saya sudah kirim surat 2 kali ke dinas perkebunan Surabaya. Intinya saya pinjam pakai atau MOU. Setelah itu belum ada tanggapan kami sowan (berkunjung). Kami sudah sowan (berkunjung)2 kali ke kantor dinas perkebunan Surabaya. Dan alhamdulillah waktu itu juga sudah di monev Pak. Dicek kita dampingi. Dan Alhamdulillah pak, sampai sekarang juga belum ada jawabannya,” terang Murdiono Kepala Desa Pronojiwo.

Masih disaksikan oleh Dimas selaku perwakilan dari DPM Provinsi Jawa Timur, dan Munajib DPM Kabupaten Lumajang. Kades Pronojiwo juga me-launching batik khas Pronojiwo. Program membatik itu di ketuai oleh Muhammad Ali dan tim penggerak PKK yang diketuai oleh istri dari orang nomor satu di Desa Pronojiwo. Selain itu juga diperkenalkan beberapa produk unggulan milik Desa Pronojiwo. Diantarnya: pengelolaan salak, kesenian Barong Cokot, kerajinan bambu, dan Tiwul Tunggal Putri yang penjualnya sudah sampai di tanah Arab. 


Pewarta : Hendrini Esvi Wastiti
Editor : Fachry
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Launching Program PIP, Kades Pronojiwo Minta Batuan Dinas Untuk Bisa MOU Dengan Dinas Perkebunan

Trending Now