Partisipasi Mahasiswa Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur dalam Kegiatan Donor Darah dan Buka Puasa Bersama di Desa Musir Kidul

Admin JSN
01 Mei 2024 | 19.38 WIB Last Updated 2024-05-01T12:38:59Z

  


Mahasiswa Kelompok 4 KKN-T MBKM UPNVJT Berpartisipasi dalam Kegiatan Donor Darah dan Buka Puasa Bersama di Desa Musir Kidul 

Sumber: Dokumentasi Pribadi Kelompok 4

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Bulan Ramadhan tidak menjadi penghalang untuk menyelenggarakan  berbagai kegiatan yang bermanfaat, termasuk bagi masyarakat Desa Musir Kidul.Salah satu kegiatan bermanfaat yang dilaksanakan adalah  donor darah. Kegiatan tersebut pun dilanjutkan dengan buka puasa bersama.Pelaksanaan kegiatan donor darah adalah pada hari Senin tanggal 25 Maret 2024.Kegiatan dilaksanakan sejak sore hingga malam hari.Hal tersebut dikarenakan setelah buka puasa bersama, donor darah masih dilanjutkan. Waktu pelaksanaan kegiatan yakni sejak pukul 16.00-19.00 WIB.   

       Donor darah dilaksanakan di Desa Musir Kidul. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Musir Kidul. Letak Balai Desa Musir Kidul adalah berdampingan ataupun bersebelahan dengan Kantor Kepala Desa Musir Kidul. Pelaksana kegiatan donor darah adalah pemerintah desa yaitu Kepala Desa beserta dengan perangkat dan staf yang bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI).Masyarakat Desa Musir Kidul pun turut dilibatkan dalam kegiatan ini. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sebagai pendonor. Selain itu, pemerintah desa juga melibatkan mahasiswa KKN yakni Mahasiswa Kelompok 4 KKN-T Desa Musir Kidul. Kepala Desa menyampaikan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dan turut serta membantu dalam kegiatan donor darah pada saat mahasiswa Kelompok 4 berkunjung untuk survei potensi desa di Kantor Kepala Desa Musir Kidul. 

       Kegiatan donor darah di Desa Musir Kidul merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan. Masyarakat desa pun rutin dalam mengikutinya. Kegiatan donor darah yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama menjadi wadah dalam menjaga silahturahmi antar warga di Desa Musir Kidul. Selain itu, juga menjadi waktu yang tepat bagi mahasiswa Kelompok 4 KKN-T Desa Musir Kidul dalam mengenal dan mengakrabkan diri dengan masyarakat desa.Masyarakat Desa Musir Kidul yang rutin melakukan donor darah tubuhnya akan menjadi lebih sehat karena sel-sel darah menjadi lebih cepat terganti dengan sel yang baru serta masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum dilakukan donor darah. 

       Pelaksanaan kegiatan donor darah dimulai sejak sore hari dengan mempersiapkan seluruh keperluan yang dibutuhkan.Mahasiswa Kelompok 4 mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan seperti menata kursi dan meja serta menggelar tikar.Mahasiswa Kelompok 4  pun membantu petugas medis dalam menata peralatan yang diperlukan untuk kegiatan donor darah dan menerima ataupun menyambut masyarakat yang akan mengikuti donor darah. Selain itu, Mahasiswa Kelompok 4 juga membantu dalam mempersiapkan dan menata makanan serta minuman untuk buka puasa bersama.Meskipun sempat turun hujan, tetapi tidak menjadi halangan bagi masyarakat untuk menghadiri dan mengikuti kegiatan donor darah.     

      Masyarakat Desa Musir Kidul yang mengikuti kegiatan donor darah cukup banyak, bahkan setelah buka puasa bersama kegiatan donor darah pun masih dilanjutkan.Mahasiswa Kelompok 4 juga berpartisipasi menjadi pendonor, meskipun hanya 1 orang yang dapat melaksanakan donor darah. Setelah kegiatan donor darah berlangsung hingga menjelang maghrib, buka puasa bersama pun dilaksanakan.Menu untuk berbuka adalah masakan ikan patin. Ikan patin merupakan hasil budidaya masyarakat Desa Musir Kidul. Mahasiswa Kelompok 4 mengobrol dengan masyarakat setelah selesai buka puasa bersama. Kemudian, donor darah pun dilanjutkan kembali karena terdapat beberapa warga yang masih menunggu antrian. Tidak berselang lama, kegiatan donor darah pun selesai dilaksanakan dan seluruh peralatan dirapikan ke dalam mobil PMI. 

       Dukungan dan respon positif diberikan oleh masyarakat Desa Musir Kidul terhadap kegiatan donor darah yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah masyarakat yang mengikuti donor darah. Sebanyak kurang lebih 50 orang mengikuti kegiatan donor darah dan buka puasa bersama.Kegiatan donor darah yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama berjalan dengan lancar dan tertib. Bapak Kepala Desa yakni Bapak  Adi Marsono, M. Pd merasa senang dengan adanya bantuan dari mahasiswa Kelompok 4 KKN-T Desa Musir Kidul. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Partisipasi Mahasiswa Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur dalam Kegiatan Donor Darah dan Buka Puasa Bersama di Desa Musir Kidul

Trending Now