PENGABDIAN MASYARAKAT YANG BERMAKNA: DOSEN UM TERLIBAT DALAM PROYEK DESA WISATA KEBANGSAAN WONOREJO DI SITUBONDO"

Eko Rudianto
25 Oktober 2023 | 13.18 WIB Last Updated 2023-10-26T08:49:14Z

SITUBONDO | JATIMSATUNEWS.COM: Sebuah langkah berani menuju pemajuan dan pengembangan Desa Wisata Kebangsaan di Situbondo, Tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Dr. Sri Untari.M.Si, dosen FIS prodi PPKn dengan anggota Dr. Agung Haryono. S.E.Ak.M.P dan seorang dosen yang berdedikasi dari Universitas Situbondo (UM) telah meluncurkan sebuah inisiatif berharga. Kegiatan pengabdian masyarakat yang bermakna ini bertujuan untuk melatih masyarakat lokal dalam pembuatan merchandise yang mencerminkan kekayaan budaya dan alam di daerah tersebut.

Bertempat di Balai Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, pada tanggal 20, dosen UM dibantu oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai program studi Alfan Bramantya. S.Pd S2 PPKn, Aliyah Ardhana Riswari. S1 Psikologi, Sawung Satrya Penangsang S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat. telah dilaksanakan kolaborasi erat dengan komunitas setempat dan berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan pelatihan pembuatan merchandise atau souvenir atau cinderamata khas “WOKE” Wonorejo Kebangsaan. Pelatihan intensif mengenai desain dan produksi merchandise yang berkualitas dari akrilik menjadi cincin, kalung, gantungan kunci dan hiasan lainnnya.  Peserta pelatihan 10 orang dari unsur Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), 2 orang dari unsur Karang Taruna dan 2 orang dari Unsur Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Pelatihan ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari pemilihan bahan hingga teknik promosi modern menggunakan media sosial.

Kepala desa Wonorejo Bapak Sumanto Adi menyampaiakan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Dr. Sri Untari.M.Si beserta Tim yang sejak tahun 2018 telah peduli dalam Pembangunan Desa Wisata dengan berbagai keterampilan bagi pemuda dan Wanita. Untuk itu beliau berpesan agar pelatihan ini diikuti dengan baik, sehingga peserta terampil membuat cinderamata yang bisa dijual kepada wisatawan yang datang, sehingga akhirnya dapat meningkatkan penghasilan. 

Menurut Dr. Sri Untari.M.Si menyatakan “inisiatif ini bukan hanya memberikan peluang bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan keterampilan dan menciptakan mata pencaharian baru, tetapi juga berpotensi meningkatkan daya tarik Desa Wisata Kebangsaan di Wonorejo, Situbondo di mata wisatawan”

hal ini senada pendapat bu Sri Suminto Adi (Ketua Penggerak PKK) yang menyatakan “keterampilan membuat merchandise atau cinderamata ini sangat bermanfaat bagi pemuda, dan perempuan untuk mendukung pengembangan Wonorejo sebagai desa wisata kebangsaan, Sri menyatakan keterampilan ini akan dilatihkan pada anggota lainnya, untuk itu beliau sangat berterima kasih pada Tim pengabdian UM yang selain melatih juga memberikan batuan, peralatan dan bahan untuk berlatih dilain waktu sehingga mahir”.

Dengan menciptakan merchandise yang unik dan berhubungan dengan budaya lokal, proyek ini memberikan manfaat ganda: mendukung perekonomian lokal sambil memperkenalkan keindahan dan kaya budaya Wonorejo Situbondo kepada dunia. Pengabdian masyarakat semacam ini mewujudkan semangat kemitraan yang berkelanjutan dan membangun fondasi yang lebih kuat menuju Desa Cerdas dan berdampak positif pada masyarakat luas.






 

Penulis: Aliyah Ardhana Riswari,

Mahasiswa S1 Psikologi

Pembantu pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PENGABDIAN MASYARAKAT YANG BERMAKNA: DOSEN UM TERLIBAT DALAM PROYEK DESA WISATA KEBANGSAAN WONOREJO DI SITUBONDO"

Trending Now