Optimalkan Program, Kelompok KKN 3 & 4 IAI Al-Qolam Lakukan Pra KKN di Desa Taman Satriyan

Eko Rudianto
31 Mei 2023 | 09.39 WIB Last Updated 2023-05-31T02:39:03Z

Selasa, 30 Mei 2023 mahasiswa IAI Al-Qolam melakukan kunjungan ke desa Tamansatriyan Kecamatan Tirtoyudo. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan PRA KKN yang dilakukan oleh 24 orang mahasiswa IAI Al-Qolam. Selain mahasiswa, kunjungan tersebut juga didampingi oleh Dr. Moh. Ahsan Shohifur Rizal, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan dalam kegiatan tersebut. 

Kunjungan tersebut disambut baik oleh perangkat desa Tamansatriyan Bapak Supangat dan 2 kepala dusun.  Kunjungan diawali dengan pemberian surat permohonan izin KKN oleh masing-masing ketua kelompok KKN (kelompok 3 dan 4), kemudian dilanjutkan penandatanganan lembar ekspedisi, dan foto bersama dengan perangkat Desa Tamansatriyan, perangkat desa, dan seluruh peserta kunjungan tersebut.

Selain untuk memberikan surat permohonan izin KKN kepada perangkat Desa Tamansatriyan, kunjungan yang berlangsung mulai pukul 10.00 hingga pukul 15.00 wib tersebut bertujuan untuk mengenal dan menggali beberapa informasi mengenai warga desa Tamansatriyan.

Dalam melakukan kunjungan dan penggalian informasi, peserta kunjungan tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Sebagian melakukan kunjungan ke Dusun Karangsuko dan yang lain melakukan kunjungan ke Dusun Karangmulyo. Kepala Dusun (Kasun) dari masing-masing Dusun tersebut menemani dan mengarahkan mahasiswa IAI Al-Qolam dalam melakukan kunjungan ke dusun-dusun tersebut. 

Bapak Sumani selaku kepala dusun karangsuko mengantarkan kelompok 3 untuk berkunjung ke RT/RW yang ada disana. Menurut penggalian informasi mayoritas mata pencaharian masyarakat karangsuko yaitu menyerut tusuk sate dan juga memelihara kambing. Tak hanya itu saja, sebagian masyarakat juga mengolah biji kopi yang biasanya dijual ke pasar-pasar tertentu yang dikenal dengan "kopi robusta".

Selain itu di dusun karangsuko sendiri mempunyai 3 TPQ dan salah satu TPQ nya mempunyai 200 murid.

Bapak Sudirman yang merupakan Kepala Dusun Karangmulyo menemani kelompok 4 kunjungan dalam melakukan pengenalan dan penggalian informasi bersama warga desa dan tokoh masyarakat yang ada di Dusun Karangmulyo. Kepala Dusun Karangmulyo tersebut memperkenalkan beberapa orang penting yang dapat membantu memberikan informasi mengenai dusun Karangmulyo dan warganya, mulai dari ketua RT, guru TPQ, guru TK, hingga tokoh masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Optimalkan Program, Kelompok KKN 3 & 4 IAI Al-Qolam Lakukan Pra KKN di Desa Taman Satriyan

Trending Now