Penutupan Porwanas XIII di Malang 2022, Jatim Runner Up Jabar Kuasai Piala Presiden

Anis Hidayatie
26 November 2022 | 05.28 WIB Last Updated 2022-11-26T01:15:04Z
Penutupan Porwanas XIII,  Jatim  Runner Up Jabar Kuasai Piala Presiden 
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Ketua Umum PWI Atal S Depari  memberikan sambutan penutup sesudah Kadispora Jatim Pulung Chausar mewakili Gubernur tampil memberi sambutan dalam gelaran Porwanas XIII di Malang Raya yang berlangsung sejak 21 November lalu hingga 27 November 2022. 

Berlangsung di Gedung Graha Cakrawala Atal mengungkapkan kerinduanya pada Gubernur Jatim dan terimakasih untuk dukungan penyelenggaraan.

"Sebetulnya kami merindukan Ibu Gubernur menutup acara,  karena dukungan ibu gubernurlah  kita bisa melaksanakan kegiatan Porwanas dengan baik di Malang Raya ini," cetus Atal saat tampil memberikan sambutan. 

Forkopimda 3 daerah di Malang Raya acara seremonial berlangsung megah.  Tari tradisional dan modern berpadu ditampilkan oleh pelajar SMP dan SMA Malang,  menuai tepuk tangan meriah dari penonton acara penutupan.

Selain penutupan Porwanas, juga disampaikan peringkat perolehan medali oleh Ketua Pelaksana Porwanas XIII 2022 Jawa Timur Erwin Muhammad. Jatim berada di posisi runner up dengan 7 medali emas sementara Jabar juara umum.

 Ketua Pelaksana Porwanas XIII 2022 Jawa Timur Erwin Muhammad di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa kontingen Jawa Barat ditetapkan sebagai juara umum setelah mendapatkan perolehan sembilan medali emas, enam perak dan empat perunggu.

“Daftar perolehan medali dari sebelas cabang olahraga, urutan pertama Jawa Barat memperoleh sembilan medali emas, enam perak dan empat perunggu," kata Erwin.

Sementara pada urutan kedua, Provinsi Jawa Timur mengantongi tujuh emas, tiga perak dan empat perunggu, diikuti oleh kontingen Kalimantan Tengah dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu.

Pada urutan keempat ditempati oleh Provinsi Papua dengan perolehan dua medali emas dan dua perunggu. Kemudian, Provinsi Lampung dengan satu emas, delapan perak dan lima perunggu.

Sementara Kalimantan Selatan pada urutan keenam dengan memperoleh satu emas, tiga perak dan satu perunggu, Kepulauan Riau, satu emas, satu perak dan satu perunggu, serta Provinsi Bali, meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu.

"DKI Jakarta berada di urutan sembilan dengan satu emas, dan enam perunggu dan urutan ke-10, Jawa Tengah dengan satu emas dan satu perunggu," lanjut Erwin. 

Menjadi juru kunci di urutan ke 23 adalah Maluku Utara dengan memperoleh 1 medali perunggu.

Keberhasilan Jabar meraih juara umum tidak saja membuatnya berhak mendapatkan piala bergilir akan tetapi juga menjadikannya menguasai piala presiden karena sudah tampil 3 kali berturut-turut menjadi juara umum.

"Kita sudah melewati hari-hari Porwanas XIII di Malang Raya dan akhirnya kita mengucapkan selamat  kepada Jabar sebagai juara umum. Bukan itu saja karena Jabar berturut 3 kali meraih juara umum,  hattrick maka Jabar berhak menguasai Piala Presiden, piala itu akan bermukim di jabar.  Selanjutnya kita akan mencetak lagi," cetus Atal. 

Belum menetapkan tuang rumah penyelenggaraan Porwanas ke XIV  penutupan acara euforia dengan diserahkannya piala presiden ke kontingen Jabar. Beramai-ramai piala itu diusung kontingen Jabar dari atas panggung menuju tempatnya duduk mengikuti acara penutupan. 

Dalam pelaksanaan Porwanas kali ini, akan ada 10 Cabang Olahraga (Cabor) yakni Bridge, Catur, Tennis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Sepakbola, e-sport, Billiar, Atletik, dan Futsal. Juga menambahkan dua cabor ekshibisi yakni senam dan tenis meja ibu-ibu atau IKWI.

Porwanas XIII digelar di Kota Malang dan Kota Batu di 19 tempat. Merupakan Pesta olahraga untuk wartawan bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diikuti 1.300 atlet yang didampingi 900 orang ofisial. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih sebanyak 3.000 orang. (Ans) 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penutupan Porwanas XIII di Malang 2022, Jatim Runner Up Jabar Kuasai Piala Presiden

Trending Now