Guru SD Kr Charis Malang 1 Jam Mendapat Teori Menulis 1 Jam Hasilkan Tulisan untuk Dibukukan

Admin JSN
28 Oktober 2022 | 21.02 WIB Last Updated 2022-10-28T23:09:54Z


Guru SDK Charis Malang 1 Jam Mendapat Teori Menulis 1 Jam Hasilkan Tulisan untuk Dibukukan
MALANG I JATIMSATUEWS. COM: Binar semangat terpancar dari raut wajah peserta pelatihan menulis untuk guru di SD Kristen Charis kota Malang. Tak satupun terlihat lelah meski waktu merupakan saat nikmat istirahat siang pukul 13.00, Jumat 28/10/2022.

"Kami memang sudah merencanakan kegiatan hari ini. Jadi kami siapkan betul untuk ikut pelatihan, misal makan siang dan kembali menghadap laptop, bersiap menerima pelajaran," ungkap  Susane Ikawati menjelaskan kondisi fit guru-guru peserta yang rapi berjajar duduk di depan Tutor Anis Hidayatie.

Penyampaian materi menulis untuk guru berlangsung selama 1 jam. Anis memberikan teori menulis cepat dan singkat sebelum langsung memberi tugas. 
"Peserta harus menghasilkan tulisan sekarang juga. Caranya mengikuti 5 langkah. Yakni menentukan tema, membuat judul, menemukan konflik, mengatasi konflik lanjut kesimpulan tulisan dan pesan," tutur Anis usai memberi materi.

Seketika peserta merespons, memulai melancarkan aksi.

"Kategori tulisan bagaimana bu?" tanya salah satu peseta perempuan.  

"Bebas Puisi, cerpen,  esai, semua boleh.  Yang penting menulislah sesuai yang paling disukai dan paling dikuasai, "cetus Anis.

1 Jam materi 1 jam praktek.  peserta langsung bisa menghasilkan tulisan, meskipun untuk yang belum selesai boleh dibawa pulang akan tetapi beberapa peserta bisa langsung menyelesaikan.  Terutama untuk kategori puisi. 

"Repay pull 15.00 kita akhiri pertemuan,  yang belum bisa diselesaikan di rumah. Yang ingin menyelesaikan di sekolah diperbolehkan tetapi di tempat, " Kepala Sekolah Susane pada seluruh peserta. 

Karya peserta dikumpulkan dalam google drive sehingga pergerakan pengumpulan terpantau. 

Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda peserta terlihat juga mengenakan baju adat. Menyempatkan foto bersama pula sebelum mengakhiri acara.

Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guru SD Kr Charis Malang 1 Jam Mendapat Teori Menulis 1 Jam Hasilkan Tulisan untuk Dibukukan

Trending Now