Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Adakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik (Bokashi) di Desa Talang

Admin JSN
11 Juni 2024 | 06.19 WIB Last Updated 2024-06-10T23:19:56Z

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur bersama para petani di Desa Talang melakukan pembuatan pupuk organik padat

NGANJUK|JATIMSATUNEWS.COM  – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menggelar sosialisasi pembuatan pupuk organik (bokashi) kepada petani Desa Talang. Acara yang berlangsung di Balai Desa Talang ini dimulai pukul 19.00 dan dihadiri oleh sekitar 100 petani setempat, pada Selasa (21/5/2024).

Kegiatan sosialisasi diawali dengan musyawarah pembagian bantuan benih padi sebanyak tiga ton untuk para petani. Mahasiswa KKN kemudian memberikan penjelasan mengenai pupuk organik (bokashi) melalui pembagian leaflet yang berisi informasi tentang pengertian, manfaat, bahan, cara pembuatan, cara penggunaan, serta produk billizer microboost . Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para petani yang hadir, yang dengan seksama mendengarkan penjelasan dari mahasiswa.

Pada tanggal 29 Mei 2024, dilaksanakan kegiatan pembuatan pupuk organik (bokashi) di lahan kebun Pak Agus, salah satu pengurus Kelompok Tani (Poktan). Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 ini dihadiri oleh 20 petani. Pembuatan pupuk organik padat dimulai dengan sambutan dari salah satu mahasiswa KKN, dilanjut dengan pembuatan pupuk organik padat yang terbuat dari kotoran sapi, sekam padi, dedak, larutan gula pasir, dan billizer microboost .

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur, lalu dilakukan proses fermentasi yang memakan waktu 7 hingga 14 hari. Masing-masing petani yang hadir mendapatkan satu larutan billizer microboost . Mahasiswa KKN memilih memanfaatkan limbah kotoran sapi sebagai bahan pupuk organik padat sebab melimpahnya kotoran sapi dan sekam padi di lingkungan sekitar yang belum dimanfaatkan secara optimal. 

Pupuk organik padat ini memiliki banyak manfaat, antara lain: memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah; menggemburkan tanah dan memperbaiki pertumbuhan tanaman; serta meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pertanian. Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur berharap dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani di Desa Talang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Adakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik (Bokashi) di Desa Talang

Trending Now