Dissenting Opinion, Mahfud MD Ungkapkan Sejarah Baru

Admin JSN
22 April 2024 | 22.29 WIB Last Updated 2024-04-22T17:18:13Z
Caption: Pasangan nomor urut 03 Ganjar - Mahfud saat berika keterangan soal Perbedaan pandangan 8 hakim MK.

JAKARTA | JATIMSATUNEWS.COM - Sebuah peristiwa bersejarah mencatat titik balik dalam sistem peradilan Indonesia, khususnya di Mahkamah Konstitusi (MK). Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang hakim konstitusi menyampaikan pendapat berbeda atau dissenting opinion dalam putusan sengketa pemilihan presiden.

Kejadian ini menarik perhatian publik setelah sidang putusan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Senin (22/4/2024). Mahfud MD, yang juga merupakan salah satu tokoh di balik permohonan sengketa pemilihan presiden, menyoroti bahwa sebelumnya, praktik seperti ini tidak pernah terjadi dalam sejarah MK.

"๐™ฑ๐šŠ๐š›๐šž ๐š”๐šŠ๐š•๐š’ ๐š’๐š—๐š’ ๐šŠ๐š๐šŠ ๐™ณ๐š’๐šœ๐šœ๐šŽ๐š—๐š๐š’๐š—๐š ๐™พ๐š™๐š’๐š—๐š’๐š˜๐š—, ๐š‹๐šŠ๐š›๐šž ๐š”๐šŠ๐š•๐š’, ๐šœ๐šŽ๐š“๐šŠ๐š” ๐š๐šž๐š•๐šž ๐š๐š’๐š๐šŠ๐š” ๐š™๐šŽ๐š›๐š—๐šŠ๐š‘ ๐š‹๐š˜๐š•๐šŽ๐š‘ ๐šŠ๐š๐šŠ ๐™ณ๐š’๐šœ๐šœ๐šŽ๐š—๐š๐š’๐š—๐š ๐™พ๐š™๐š’๐š—๐š’๐š˜๐š—, ๐š‹๐š’๐šŠ๐šœ๐šŠ๐š—๐šข๐šŠ ๐š‘๐šŠ๐š”๐š’๐š– ๐š‘๐šŠ๐š›๐šž๐šœ ๐š‹๐šŽ๐š›๐šŽ๐š–๐š‹๐šž๐š” ๐šœ๐šŠ๐š–๐š™๐šŽ๐š” ๐šœ๐šŠ๐š–๐šŠ, ๐š”๐šŠ๐š›๐šŽ๐š—๐šŠ ๐š’๐š—๐š’ ๐š–๐šŽ๐š—๐šข๐šŠ๐š—๐š๐š”๐šž๐š ๐š“๐šŠ๐š‹๐šŠ๐š๐šŠ๐š— ๐šœ๐šŽ๐š–๐šž๐šŠ ๐š˜๐š›๐šŠ๐š—๐š ๐š“๐šŠ๐š๐š’ ๐š‘๐šŠ๐š›๐šž๐šœ ๐šœ๐šŠ๐š–๐šŠ, ๐š—๐šŠ๐š‘ ๐š’๐š—๐š’ ๐š”๐šŽ๐š–๐šž๐š—๐š๐š”๐š’๐š—๐šŠ๐š— ๐š๐š’๐š๐šŠ๐š” ๐š‹๐š’๐šœ๐šŠ ๐š๐š’๐šœ๐šŠ๐š–๐šŠ๐š”๐šŠ๐š— ๐šœ๐šŽ๐š‘๐š’๐š—๐š๐š๐šŠ ๐šŠ๐š๐šŠ ๐š™๐šŽ๐š›๐šœ๐šŽ๐š•๐š’๐šœ๐š’๐š‘๐šŠ๐š—, ๐š’๐š—๐š’ ๐š™๐šŽ๐š›๐š๐šŠ๐š–๐šŠ ๐š๐šŠ๐š•๐šŠ๐š– ๐šœ๐šŽ๐š“๐šŠ๐š›๐šŠ๐š‘," terang Mahfud MD saat beri keterangan di hadapan wartawan.

Terkait dengan signifikansi perkembangan ini, Mahfud MD enggan memberikan komentar lebih lanjut saat ditanya oleh wartawan. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana implikasi dari dissenting opinion tersebut terhadap sistem peradilan dan politik di Indonesia.

Dissenting opinion, atau pendapat berbeda, merupakan wujud dari keragaman pandangan di dalam lembaga peradilan. Meskipun belum jelas apa yang menjadi alasan di balik pendapat berbeda tersebut, namun keberadaannya mencerminkan pentingnya adanya ruang untuk dialog dan perdebatan dalam proses pengambilan keputusan.

"๐™ผ๐šŽ๐š—๐šž๐š›๐šž๐š ๐šœ๐šŠ๐šข๐šŠ ๐š๐šŽ๐š•๐šŠ๐š™๐šŠ๐š— ๐š‘๐šŠ๐š”๐š’๐š– ๐šข๐šŠ๐š—๐š ๐š–๐šŽ๐š–๐šž๐š๐šž๐šœ๐š”๐šŠ๐š— ๐š™๐šŽ๐š›๐š”๐šŠ๐š›๐šŠ ๐š’๐š—๐š’ ๐™ธ๐š—๐šœ๐šข๐šŠ๐™ฐ๐š•๐š•๐šŠ๐š‘ ๐š‹๐šŠ๐š’๐š”-๐š‹๐šŠ๐š’๐š” ๐šœ๐šŽ๐š–๐šž๐šŠ," ๐šž๐š“๐šŠ๐š› ๐™ผ๐šŠ๐š‘๐š๐šž๐š

Publik menantikan paparan lebih lanjut mengenai isi dari dissenting opinion tersebut, serta dampaknya terhadap keputusan akhir Mahkamah Konstitusi dalam sengketa pemilihan presiden. Seiring berjalannya waktu, mungkin saja kita akan melihat lebih banyak lagi kasus di mana hakim-hakim konstitusi memiliki pandangan yang berbeda dalam proses peradilan di Indonesia.


Redaksi 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dissenting Opinion, Mahfud MD Ungkapkan Sejarah Baru

Trending Now