Safari Ramadhan IGTKI Sumbermanjing 2024

Admin JSN
29 Maret 2024 | 19.15 WIB Last Updated 2024-03-29T13:04:01Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Kamis, 28 Maret 2024, IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadhan. Bertempat di Aula Korwil Dinas Pendidikan, dihadiri seluruh guru Muslim dari 33 lembaga beserta kepala TK, jajaran pengawas dan Penilik TK-Paud serta pengurus PGRI. 

Siti Rahmawati, ketua IGTKI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Safari ini dalam rangka memanfaatkan keberkahan bulan Ramadhan. Safari ini selain sebagai sarana silaturahmi antar kepala dan guru, juga sekalian peringatan Nuzulul Quran dengan kegiatan inti Khotmil Quran, istighotsah dan pengajian. Disamping itu juga pembinaan dari pimpinan. 

Hal ini menurut Siti Rahmawati karena jangkauan wilayah yang luas sehingga tidak mungkin untuk terlalu sering mengadakan kegiatan bersama. Makanya kegiatan dipadatkan untuk efektivitas waktu. Maka dalam kesempatan itu beliau berharap kegiatan akan membawa banyak manfaat untuk seluruh hadirin. Utamanya dalam upaya untuk mewujudkan kharakter mulia. 

"Kami berharap membangun kharakter dimulai dari kita semua, para guru TK", pinta Siti. 

Mokhamad Ali, ketua PGRI Cabang dalam sambutannya mendorong hadirin untuk selalu ta'awun alal birri wat taqwa (saling tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa). Beliau mengapresiasi IGTKI yang kompak dalam safari Ramadhan kali ini. Beliau juga berpesan kepada para guru, dalam kebaikan apapun, anak-anak jangan disuruh, tetapi diajak bersama agar berhasil. 

Ali juga berharap ketika mengajari Al-Quran berusaha sesuai makhroj dan tajwidnya karena ketika dewasa sulit untuk dibetulkan. Kalau salah pelafalan maka akan bisa merusak makna. Makanya guru juga harus membetulkan bacaan dan hafalannya. 

Dalam sambutannya, Pamuji, Korwil Dinas Pendidikan kecamatan Sumbermanjing berpesan untuk meningkatkan kesabaran dan rasa syukur atas segala nikmat. Pamuji berpesan jika ada informasi segera ditindaklanjuti agar tidak ketinggalan informasi, utamanya menyangkut nasib. Pamuji juga berharap kepada para guru untuk menghindari kekerasan dan perundungan. 

Lishariyati, sebagai Penilik TK, dalam pembinaannya menyampaikan bahwa laporan perencanaan berbasis data sudah selesai. Dalam penilaian yang lalu hasilnya ada yang kurang, sedang dan baik. Jika ada kekurangan di lembaga supaya dibenahi. Kalau ada workshop, pelatihan atau seminar harus diutamakan. Hal yang kurang di lembaga menjadi prioritas utama. Bagi yang sudah baik ditingkatkan lagi. 

Lihariyati juga menyampaikan bahwa bulan April yang akan datang raport dijadikan dasar penentuan anggaran. Beliau juga menyampaikan terima kasih bagi yang sudah mengerjakan e-Kinerja. Segala data supaya dicek sehingga memenuhi tuntutan. Melalui PMM sebagai media belajar meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran. Kurikulum merdeka harapannya anak bisa belajar dengan baik, senang dan bermakna. Apabila ada perubahan data bisa langsung japri agar data juga diperbarui untuk laporan ke kabupaten. Untuk insentif harapannya sesuai pengajuan baik yang sudah masuk dapodik atau belum. 

Acara dilanjutkan dengan mauidzoh hasanah yang disampaikan oleh ustadz Repan Efendi. Dalam refleksinya beliau menekankan pentingnya pembelajaran Al-Quran untuk anak-anak. Sebab, Al-Quran memiliki banyak hikmah, diantara menambah kecerdasan otak, membunuh kharakter negatif dan menumbuhkan kharakter positif. Terkait dengan Ramadhan, beliau berharap Ramadhan tidak menjadi beban bagi warga Muslim, namun harus menjadikan kesempatan. Kesempatan untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya dan menghapuskan dosa dan kesalahan. 

Refan Purba
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Safari Ramadhan IGTKI Sumbermanjing 2024

Trending Now