Kembangkan Potensi Desa Lumpur, Kelompok KKN Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Lakukan Sosialisasidan Edukasi Pengolahan Ikan Tongkol Menjadi Abon

Admin JSN
20 November 2023 | 08.44 WIB Last Updated 2023-11-20T01:44:25Z


 Kembangkan Potensi Desa Lumpur, Kelompok KKN Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Pengolahan Ikan Tongkol Menjadi Abon

GRESIK |JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi produk olahan ikan tongkol di Desa Lumpur.

Desa Lumpur merupakan salah satu Desa di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik yang terletak di dekat pesisir dan dikelilingi dengan banyak pabrik. Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai Nelayan dan berdagang. Masyarakat desa ini masih memegang teguh adat budaya dan kesenian daerah.

Kelompok mahasiswa KKN Desa Lumpur mengadakan Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat sekitar sebagai upaya penguatan  Program Desa Preneur. Mahasiswa KKN UPNVJT hadirkan sosialisasi pembuatan abon ikan tongkol pedas. Para nelayan lebih banyak menjual ikan ke penadah atau pengepul secara langsung sehingga harga jualnya rendah. Dengan adanya pengolahan lebih lanjut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan dapat menjadi ide usaha yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

Berdasarkan dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN UPNVJT melakukan sosialisasi dan edukasi inovasi produk olahan ikan tongkol bekerjasama dengan perangkat desa terkait. Pada Jumat (17/11), bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Lumpur dan dihadiri oleh para kader desa dan anggota masyarakat umum, yang terdiri dari perangkat RT dan RW, ibu rumah tangga dan pelaku UMKM.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN UPNVJT memberikan sosialisasi dan edukasi pembuatan abon ikan tongkol pedas secara langsung. Abon ikan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama bahkan hingga 2 Minggu. Selain itu, abon ikan tongkol juga memiliki nilai gizi tinggi seperti protein dan omega 3 dan tidak mengandung zat pengawet serta zat kimia berbahaya lainnya.

Potensi kekayaan laut yang dihasilkan nelayan di Desa Lumpur sangat melimpah. mahasiswa KKN UPNVJT berharap dengan adanya kegiatan ini Kegiatan ini dapat memaksimalkan potensi Desa Lumpur dan menimbulkan jiwa kreatifitas bagi warga sekitar. " Diharapkan kedepan warga dapat menghasilkan berbagai produk olahan yang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar," ungkap Zaenal, Ketua Kelompok mahasiswa KKN.

Antusiasme warga sangat tinggi dibuktikan banyak pertanyaan yang dilontarkan pada sesi diskusi yang dilakukan setelah kegiatan sosialisasi. Bahkan, beberapa peserta kegiatan sosialisasi ingin mencoba mempraktikkan sendiri pembuatan abon dari ikan ketika sampai dirumah. “Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya juga tidak sulit”, ujar Mualifah, salah satu peserta sosialisasi. 

Lurah Desa Lumpur,  Eka Prapangasta berharap melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi ini, masyarakat dapat memanfaatkan hasil tangkapan laut menjadi berbagai produk olahan. “Melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi inovasi produk olahan abon ikan tongkol pedas dapat dikembangkan oleh para pelaku UMKM ataupun menjadi usaha baru bagi masyarakat yang ingin membuka usaha",  Jelasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembangkan Potensi Desa Lumpur, Kelompok KKN Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Lakukan Sosialisasidan Edukasi Pengolahan Ikan Tongkol Menjadi Abon

Trending Now