FGD Pendidikan Politik: Membangun Kesadaran Politik Bagi Pemilih Pemula

Admin JSN
22 Oktober 2023 | 18.40 WIB Last Updated 2023-10-22T11:40:48Z


BOJONEGORO | JATIMSATINEWS.COM- Dalam rangka meningkatkan kesadaran politik dan pemahaman mengenai proses demokrasi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bojonegoro, menyelenggarakan acara Forum Group Discussion Pendidikan Politik. 

Acara ini dihadiri oleh ratusan pelajar madrasah aliyah dan pesantren se Bojonegoro, serta pejabat Forkompimda Bojonegoro, serta pihak pemerintah yang terkait dengan pelaksanaan pemilu.

Forum ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya partisipasi politik bagi pemilih pemula.

Acara Forum Group Discussion Pendidikan Politik ini diadakan di Angkringan Omah Tebu, pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2023. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (PJ) Bupati Bojonegoro, Bapak Adriyanto, SE, MM, MA, PhD. Didampingi Kepala Bakesbangpol - Bapak Mahmudi, S.Sos.MM dan Sekretaris Daerah Bojonegoro - Ibu Dra. Nurul Azizah, MM.

Dalam sambutannya, Bapak Pj.Bupati Bojonegoro mengungkapkan pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda sebagai upaya membangun kesadaran politik yang kuat dan bertanggung jawab.

Forum ini menghadirkan narasumber dari berbagai lembaga terkait, antara lain Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kejaksaan Negeri (Kejari), dan Kepolisian Resort (Polres). Para narasumber tersebut akan memberikan paparan dan menjawab pertanyaan peserta terkait dengan peran serta masyarakat dalam proses pemilu dan pentingnya menjaga integritas demokrasi.

Dalam acara ini, peserta diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang pentingnya partisipasi politik dalam membangun negara yang demokratis. Diskusi berlangsung seru seputar pemahaman tentang tahapan pemilu, hak dan kewajiban pemilih, serta pentingnya memilih pemimpin yang berkualitas dan memiliki visi yang jelas dan mampu mengikuti perkembangan jaman. 

Selain itu, para pelajar dan sabtru diberikan pemahaman tentang peran KPU dalam penyelenggaraan pemilu yang adil dan transparan, serta tugas Bawaslu dalam mengawasi dan memastikan pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik. 

Kejari dan Polres juga akan menjelaskan tentang tindakan hukum terhadap pelanggaran pemilu dan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu berlangsung.

Forum Group Discussion Pendidikan Politik ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada pemilih pemula tentang pentingnya peran aktif dalam proses demokrasi. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan generasi muda dapat menjadi pemilih yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab dalam menentukan masa depan bangsa.

Acara ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat, terutama generasi muda. Dengan adanya kesadaran politik yang tinggi, diharapkan masyarakat dapat memilih pemimpin yang berkualitas dan mampu memajukan daerah ini ke arah yang lebih baik.

Acara tersebut telah berlangsung dengan aman, tertib, dalam suasana yang santai sambil melihat indahnya lampu ikon baru kota Bojonegoro, yaitu jembatan Sosrodilogo dan juga disela-sela acara diselingi hiburan tari tradisional dan musik akuistik dari para pelajar sekolah di Bojonegoro. 
(Al)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FGD Pendidikan Politik: Membangun Kesadaran Politik Bagi Pemilih Pemula

Trending Now