DPD RI Jatim Sah Ditetapkan, Sudah Tahukah Anda Profil Mereka?

Admin JSN
14 Maret 2024 | 04.45 WIB Last Updated 2024-03-13T22:30:09Z
Caption: Empat Calon DPD RI Terpilih Dua Incumbent dan Dua Pendatang baru

POLITIK | JATIMSATUNEWS.COM: Empat calon senator yang akan mewakili Jawa Timur dalam Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah ditetapkan, namun hanya tiga di antaranya yang memiliki rekam jejak yang dapat diasaes melalui medsos.

Ketua DPD, LaNyalla Mahmud Mattalitti, akan kembali menduduki kursi senator untuk periode 2024-2029, berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional. Hal tersebut terlihat berdasarkan rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional untuk Provinsi Jawa Timur. Rekapitulasi dilakukan melalui rapat pleno terbuka di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2024).

Berdasarkan hasil rekapitulasi, LaNyalla menempati posisi kedua dengan 3.132.076 suara. Sementara posisi pertama ditempati senator incumbent Ahmad Nawardi dengan raihan 3.281.105 suara. Sedangkan posisi ketiga ditempati keponakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yakni Lia Istifhama dengan perolehan 2.739.123 suara.Lalu, di posisi terakhir akan diisi nama baru yakni Kondang Kusumaning Ayu, dengan capaian 2.542.036 suara. Sementara itu, nama mantan Ketua KPK Agus Rahardjo diprediksi gagal lolos, karena perolehan suaranya hanya 2.205.069. Bedasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024 pasal 33 ayat 1, kursi untuk DPD hanya 4 di setiap provinsi.

1. AAAhmad Nawardi
Seorang politikus Indonesia asal Sampang, pernah menjadi wartawan dan aktif dalam Partai Kebangkitan Bangsa. Nawardi berhasil menjadi senator dalam Pemilu Legislatif 2014 mewakili Jawa Timur.

2. La Nyalla Mahmud Mattalitti
Pengusaha dan politikus Indonesia, saat ini menjabat sebagai Ketua DPD RI. Sebelumnya, pernah menjabat sebagai wakil ketua umum PSSI dan ketua umum PSSI.

3. Dr. Lia Istifhama, S.Sos., SHI., S.Sos.I., MEI.
Keponakan Khofifah Indar Parawansa, aktifis sosial, advokat, penulis, akademisi, dan musisi. Memiliki rekam jejak yang luas dalam berbagai bidang dan mendapat berbagai penghargaan.




Bukan hanya aktif di berbagai organisasi seperti MUI Jatim, HKTI Jatim, maupun Fatayat NU Jatim, Ning Lia juga memiliki banyak penghargaan, berikut diantaranya:
100 Tokoh Muda Nasional 2020 dari Aliansi Pemuda Nasional, 22 Tokoh Muda Inspirasi Jawa Timur 2020 dari Forum Jurnalis Nahdliyyin, Penggerak Perempuan Bidang Pertanian dari DP3AK Jatim (Pertani HKTI Jatim), Tokoh Jatim Peduli Covid 19 dari ARCI, Tokoh Perempuan Pengusaha Inspiratif Dari KAHMI Preneur Bangkalan, Tokoh Milenial Literasi Jatim dari ARCI, Perempuan Inspiratif Peduli Wong Cilik dari Memorandum, Putri NU Surabaya 2005, Semi Finalis Cak dan Ning Surabaya 2005, Tokoh Nasional Perempuan Peduli Desa Wisata dari IKMAPAS, Tokoh Perempuan Inspiratif Kabarpas Awards 2023, Juara 1 Tokoh Perempuan Populer Versi Jawa Pos Radar Madura, Woman of The Year Jatim 2023 Kategori Tokoh Peduli Pertanian dan Perhutanan Sosial Anugerah TIMES Indonesia, dan Person of The Year 2023 Radar Surabaya.

Ia juga dikenal sebagai penulis, baik artikel lepas maupun novel motivasi, diantaranya Berkisah Tentang Hati, yang menceritakan bagaimana mahasiswi cantik bangkit dari patah hati.

4. Kondang Kusumaning Ayu
Tidak diketahui profil lengkapnya secara publik, namun namanya menjadi viral karena perbedaan foto asli dengan surat suara.

Dengan profil yang terbuka dan rekam jejak yang jelas, keempat calon senator ini menjadi pilihan yang layak untuk mewakili Jawa Timur di tingkat nasional. (Fach)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPD RI Jatim Sah Ditetapkan, Sudah Tahukah Anda Profil Mereka?

Trending Now