Inovasi Pembuatan Sirup dari Bunga Kopi Oleh Mahasiswa Bina Desa UPN VETERAN Jatim di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Jombang

Admin JSN
21 November 2023 | 22.53 WIB Last Updated 2023-11-25T09:55:52Z


Sirup dari bunga kopi, Penulis: Wasila Rochmawati, Fadiatul Rachmawati, Shakira Alya Putri, Irham Alva Royyan, Arya Mustofa, Puput Srianah, Instansi : UPN "Veteran" Jawa Timur

JOMBANG | JATIMSATUNEWS.COM: Kelompok 8 mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNVJT) Surabaya membuat inovasi baru program kerja Sirup dari Bunga Kopi. Inovasi ini mereka kembangkan di masyarakat Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.


Biasanya, hasil tanaman kopi dari masyarakat setempat hanya memanfaatkan biji kopi untuk dijual di pengepul. Pada Sabtu (28/10) lalu, mahasiswa Bina Desa kelompok 8 melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa Galengdowo untuk memperkenalkan inovasi Sirup dari Bunga Kopi.


Bunga kopi yang merupakan cikal bakal buah kopi ini juga dapat dimanfaatkan dengan harga jual yang tentunya lebih tinggi daripada hanya dijual berupa kopi biasa pada umumnya. Dari segi kesehatan, bunga kopi sendiri dapat mencegah diabetes, menurunkan resiko penyakit jantung, mengembalikan stamina tubuh, dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas.


Inovasi ini mengundang respon positif dari warga. "Wah, ternyata bunga kopi dapat dijadikan minuman sirup yang memiliki rasa enak ya! Saya baru tahu, biasanya hanya diambil biji kopinya saja", ujar salah satu warga Desa Galengdowo.


Pada kegiatan sosialisasi di kantor desa galengdowo, kelompok 8 memaparkan proses pembuatan sirup dari bunga kopi melalui foto dan langkah-langkah yang tidak rumit sehingga mudah dipraktikkan oleh warga galengdowo di rumah masing-masing


Bahan yang diperlukan antara lain : bunga kopi kering (20 gr), gula pasir (1 kg), air perasan lemon (250 ml), air untuk melarutkan gula dan merebus bunga.


Adapun langkah-langkah dalam pembuatan sirup dari bunga kopi sebagai berikut :

1. Bunga kopi yang mekar kemudian dipetik, dan dilakukan pengeringan bunga kopi. Untuk pengeringan dapat dilakukan dibawah sinar matahari secara langsung atau dalam ruangan terbuka.

2. Selanjutnya merebus bunga kopi kering selama 30 menit, kemudian, rebusan bunga kopi disaring, air rebusan disisihkan terlebih dahulu.

3. Ampas yang didapatkan direbus kembali selama 30 menit dengan air untuk mendapatkan hasil ekstrak bunga kopi yang maksimal.

4. Melarutkan gula air di atas kompor dengan api kecil sambil diaduk selama 1 jam agar gula larut secara merata dan mengental.

5. Lalu mencampurkan air gula yang telah larut dengan air rebusan bunga kopi serta air perasan lemon sekaligus.

6. Aduk kembali hingga tercampur rata diatas kompor dengan api kecil hingga didapatkan larutan yang mengental seperti sirup pada umumnya.

7. Sirup didinginkan dalam suhu kamar selama satu malam.

8. Sirup yang telah dingin sudah siap dikemas kedalam botol serta bisa didistribusikan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Pembuatan Sirup dari Bunga Kopi Oleh Mahasiswa Bina Desa UPN VETERAN Jatim di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Jombang

Trending Now