Aksi Nekad Warga RT. 06 RW.01 Desa Suci Mendirikan Tempat Ibadah

Zikir Air Mata
11 November 2023 | 10.08 WIB Last Updated 2023-11-11T09:33:14Z


Pondasi Mushola Al-Musta'in
 

GRESIK|JATIMSTUNEWS.COM: Kerinduan puluhan warga di area perkavlingan Jl. PJKA2 RT. 06 RW. 01, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, akan suasana kehidupan religius, agaknya telah memuncak. 

Terlebih setelah semakin bertambahnya penghuni baru, dan banyaknya anak-anak kecil yang perlu mendapat bimbingan keagamaan, serta tauladan baik dari lingkungan tinggal. Kebutuhan akan adanya tempat ibadah dirasa semakin menemukan titik urgensitasnya

Atas dasar pertimbangan dan kesadaran bersama itulah, maka pada Ahir September 2023. Dalam forum pembentukan pengurus RT baru program pembangunan mushola dicanangkan sebagai program prioritas. 

"Mari kita bersama-sama berjuang mewujudkan apa yang menjadi impian warga tentang hadirnya sebuah tempat ibadah di lingkungan kita," demikian arahan ketua RT baru, Arief Syaifudin dalam forum tersebut. 

Selanjutnya demi menindaklanjuti rencana tersebut, ditunjuklah bapak Prayogo Wito Saputro sebagai ketua pelaksana pembangunan. "Ini amanah yang sangat berat bagi saya, namun dengan ketulusan niat demi mencari keridaan Allah saya siap melaksanakan tugas," ungkap lelaki yang akrab dipanggil Yoga tersebut,"namun demikian karena ini kerja sosial, dan bernuansa ibadah serta tidak adanya persiapan dana sama sekali, saya sangat mengharap dukungan dan partisipasi warga secara keseluruhan." Paparnya lebih lanjut.

Apa yang diungkapkan Yoga tentu bukan tidak beralasan. Mengingat kalau melihat site plan bangunan mushola yang akan dibangun tidaklah membutuhkan sedikit anggaran. Setidaknya bila mengacu pada gambar dan RAB yang disusun oleh arsitektur kota Pahlawan dan saat ini sedang dinas di Kalimantan, Nanang Nurwahib, S.T. Untuk mewujudkan mushola impian tersebut membutuhkan anggaran biaya tidak kurang dari Rp. 500.000.000,- sementara cadangan dana awal sama sekali tidak ada alias Nol Rupiah.

Kondisi demikian tidak menyurutkan tekad warga, segala daya upaya dikerahkan demi mendapatkan biaya pembangunan. Secara gotong-royong, serta memanfaatkan jaringan pergaulan masing-masing warga, pelan namun pasti, sedikit demi sedikit menampakkan hasil. Sumbangan dana, material, mulai mengalir hingga proses pembangunan bisa dimulai hanya selang satu minggu setelah panitia pelaksana pembangunan terbentuk. Kekompakan seluruh warga RT. 06, bukan hanya wilayah tempat mushola didirikan namun juga wilayah lain seperti Gang Mbah Surgi, dan Wilayah Jl. Madinah 1 - 9 adalah modal besar bagi sebuah impian.

Terlebih lagi sesepuh warga, Bapak Solich senantiasa berusaha membesarkan semangat dan tekad panitia dan warga semua. Bukan hanya dengan nasihat, dan saran namun juga totalitas mencari donatur secara periodik memanfaatkan luasnya jaringan pergaulan beliau. "Bismillah, niat kita bagus untuk menghidupkan syiar islam dengan mendirikan mushola dan bahkan ke depan harus ada TPQ di sini agar anak-anak  ngajinya tidak perlu jauh-jauh. Asal kita sama yakin dan terus berusaha. Insyaallah mushola akan terbangun sesuai harapan kita bersama." ungkapnya pada suatu kesempatan.

Kurang lebih telah berjalan 1.5 bulan proses pembangunan berlangsung. Tanah Kavling 2 Petak hibah pemilik area kavling tersebut mulai disulap mencari bentuk mushola. Hingga pondasi kokoh kini telah berdiri untuk selanjutnya secara bertahap terus diupayakan pembangunan hingga selesai. Perjuangan warga tentu masih panjang. Kebutuhan dana tentu masih sangat besar. Tanpa adanya pertolongan Allah melalui tangan-tangan dermawan berhati malaikat, ikhtiar dan ketulusan tekad warga tentu tidak akan menemukan jalan mudah. 

Menyikapi hal tersebut, Yoga menjelaskan,"tak henti-hentinya kita memohon pertolongan Allah, tak bosan kita berusaha mengetuk hati para dermawan agar siapapun mereka, apapun latar belakang mereka, berkenan memberi donasi seikhlasnya untuk pembangunan mushola ini. Bisa berupa material dikirim langsung ke lokasi pembangunan atau berupa dana, baik cash atau transfer ke rekening pembangunan. 

REKENING BRI NO : 759601025055531 
an. Adi Soesanto." (IWG/111123)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aksi Nekad Warga RT. 06 RW.01 Desa Suci Mendirikan Tempat Ibadah

Trending Now