PMM Bhaktiku Negri gel 18 kel 79 Peternakan UMM Bikin siswa SDN Tegalweru Kini Makin Suka Susu

Admin JSN
06 Januari 2022 | 12.32 WIB Last Updated 2022-01-06T09:16:10Z
Siswa SDN Tegalweru makin suka susu

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Mengikuti pelatihan membuat susu pasteurisasi merupakan pengalaman tak terlupakan. Hal ini setidaknya seperti dikatakan siswa SDN Tegalweru Dau Kabupaten Malang. 

Sesudah menerima pelatihan membuat pasteurisasi susu dari Mahasiswa UMM program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) Kelompok 79 Gelombang 18 pada 21 Desember 2021 lalu kini siswa di SDN Tegalweru makin menyukai susu. 

Siswa SDN Tegalweru dengan susu pasteurisasi buatan sendiri.

Tercetus dari ungkapan Dinda, salah seorang siswa perempuan kelas 6 yang waktu itu mengikuti pelatihan.

"Dulu saya tidak suka susu, sekarang sejak diberi pelatihan dan tahu kalau susu pasteurisasi itu enak saya jadi suka," tuturnya menyampaikan pengalaman seperti dituturkan pada Hima mahasiswa peserta PMM Bhaktiku Negri gel 18 kel 79 Peternakan UMM pada Kamis, 6/2/2021.

Acara sosialisasi itu sendiri merupakan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. (PMM UMM) Kelompok 79 Gelombang 18 Pemberdayaan Masyarakat di Era New Normal Melalui Upaya Sosialisasi dan Edukasi Bidang Peternakan dan Pendidikan di Desa Tegalweru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang


   Praktik membuat susu pasteurisasi 
Terkait kegiatan yang pernah dilakukan Hima yang dalam pelaksanaan dibimbing dosen pembimbing lapang  Ganjar Adhywirawan, MP menyebut bahwa kegiatannya berbeda dari kelompok lain, yakni langsung sosialisasi sekaligus mempraktekkan cara membuat ke sasaran.

" Waktu itu, Jumat 21 Desember 2021 kami melakukan sosialisasi tentang susu dan mafaat yang terkandung dalam susu dengan siswa kelas 6 SD Tegalweru," ujar koordinator PMM, Hima Ilda Imroatul Fauziyah pada wartawan Rabu, 6/1/2022. 

Menurutnya hal ini penting dilakukan agar siswa kelas 6 di sekolah itu mengetahui banyak manfaat yang terkandung di dalam susu.

"Tidak hanya meminum saja tetapi mengetahui manfaatnya bagi tubuh. Oleh karena itu, PMM kami juga mengajak para siswa mempraktekkan membuat susu pasteurisasi agar bisa diterapkan di rumah," paparnya lebih lanjut. 

Hima mengungkapkan bahwa antusias para siswa kelas 6 SD Tegalweru saat itu sangat tinggi. Karena mereka bisa ikut berpartisipasi saat membuat susu pasteurisasi dan bisa meminum susu pasteurisasi buatan sendiri.

Lebih lanjut tentang cara membuat susu Hima menyebut sebagai sangat mudah. 

"Cukup siapkan susu sapi segar lalu di rebus sekitar 15 menit. Setelah itu siapkan strawberry lalu dipanaskan dengan campuran gula diaduk sampai rata. Sesudah itu strawberry dituang kedalam botol terlebih dahulu, baru susu dituangkan dalam botol. Proses inilah yang kami ajarkan kepada siswa kelas 6 SD Tegalweru," papar Hima,  koordinator PMM yang juga mempunyai anggota lain Natasya Yudiana Dewi, Fatma Aufatut Taqiyya, Alfian Ferdi Badrian, dan Raqyan Gusti Anindito.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMM Bhaktiku Negri gel 18 kel 79 Peternakan UMM Bikin siswa SDN Tegalweru Kini Makin Suka Susu

Trending Now