Kembali Setelah Libur Lebaran, Mahasiswa KKN-T Desa Wonosalam Gelar Halal Bihalal

Admin JSN
11 Juni 2024 | 11.40 WIB Last Updated 2024-06-11T04:40:32Z

Situasi halal bihalal mahasiswa KKN Desa Wonosalam

JOMBANG|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Wonosalam kembali melanjutkan kegiatan mereka setelah libur Hari Raya Idul Fitri. Libur dua minggu yang dimulai sejak 6 April 2024 ini dimanfaatkan para mahasiswa untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing. Mereka kembali ke Desa Wonosalam pada 16 April 2024 dan disambut hangat oleh warga dengan berbagai suguhan khas Lebaran.

Sebelum melanjutkan program kerja yang telah direncanakan, mahasiswa KKN Desa Wonosalam mengadakan kegiatan halal bihalal. Mereka mengunjungi rumah-rumah tetangga, termasuk rumah kepala desa dan kepala dusun. Selain untuk mempererat silaturahmi, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk meminta maaf jika ada kesalahan selama mereka berkegiatan di desa tersebut. Tradisi halal bihalal ini dirasakan sangat berbeda dan bermakna bagi para mahasiswa dan warga karena ini merupakan kali pertama mereka merayakan Lebaran bersama.

Kegiatan halal bihalal ini berlangsung dengan sederhana namun penuh makna. Mahasiswa dan warga berkumpul, menghidangkan berbagai makanan lezat, serta saling bertukar cerita dan pengalaman. Tradisi ini diharapkan dapat mempererat solidaritas antara mahasiswa dan masyarakat selama kegiatan KKN berlangsung.

Dengan semangat kebersamaan yang dihadirkan oleh tradisi halal bihalal, diharapkan hubungan baik antara mahasiswa dan warga dapat terus terjaga. Tradisi yang mengajarkan saling menghormati dan memaafkan ini juga diharapkan tetap hidup meskipun tidak dalam suasana Lebaran, guna meminimalisir kesalahpahaman dan menjaga kerukunan selama program kerja KKN berlangsung.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembali Setelah Libur Lebaran, Mahasiswa KKN-T Desa Wonosalam Gelar Halal Bihalal

Trending Now