Kelompok 4 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur Ikut Serta Membantu Dalam Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah

Admin JSN
06 Juni 2024 | 07.59 WIB Last Updated 2024-06-06T01:01:21Z

 

Kelompok 4 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur Ikut Serta Membantu Dalam Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah 

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Beberapa bulan belakangan ini telah terjadi musibah yang cukup serius menimpa salah satu desa di Kecamatan Wonosalam, Jombang. Desa Sambirejo merupakan salah satu desa yang berada tepat di kaki gunung Arjuna. Dikarenakan oleh letak geografisnya, membuatnya desa ini menjadi sasaran empuk bagi bencana alam khususnya tanah gerak atau tanah longsor. Pada tahun sebelumnya, sudah sempat terdapat tanah longsor di desa Sambirejo, namun tahun ini pun sayangnya bencana tersebut kembali menyambangi desa yang ada di  Jawa Timur ini. 

Bencana tanah gerak merupakan factor paling kuat yang menyebabkan desa Sambirejo mengalami bencana tanah longsor, lebih tepatnya di dusun Jumok. Tak hanya rumah warga yang menjadi sasaran ganasnya bencana alam ini, namun juga berpengaruh terhadap jalanan di sekitar tempat tersebut. Selain kerugian tanah desa, para warga pun mengalami kerugian  material yang cukup besar mengingat sejumlah rumah menjadi tidak dapat dihuni akibat tanah longsor serta keretakan tanah. Bantuan berupa pangan pun disalurkan dari pemerintah daerah kepada warga. Selama beberapa bulan, para warga yang terkena dampaknya menerima bantuan pangan berupa makanan jadi sebanyak 2kali dalam sehari. Di bulan mei tahun 2024, dikarenakan para warga sudah berpindah ke Rumah Hunian Sementara (HunTara), maka bantuan pangan yang diberikan pun sudah berbeda. Bantuan yang sebelumnhya merupakan makanan matang atau siap saji, namun kali ini yang diberikan merupakan bantuan dari pemerintah yakni bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). 

Bantuan CPP diberikan kepada para warga yang ada di desa Sambirejo secara merata, namun tentu saja juga mengedepakan untuk diberikan kepada para korban bencana mengingat sebelumnya setelah peresmian Huntara para warga juga diberikan bantuan pangan di setiap rumah. Para peserta KKN Tematik kelompok 4 dari UPN Veteran Jawa Timur ikut serta membantu dalam penyaluran CPP ini. Banyaknya warga yang mendapatkan bantuan CPP tentu saja akan memakan waktu yang banyak untuk dapat membagikan keseluruhannya. Dengan bantuan tenaga yang diberikan oleh kelompok 4 KKNT ini, dapat mempersingkat waktu pembagian sehingga menjadi lebih efisien. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok 4 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur Ikut Serta Membantu Dalam Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah

Trending Now