Diduga Pungli Program SHAT, Oknum Lurah Karang Dalam Dipanggil Kejari Sampang

Admin JSN
05 Juni 2024 | 07.42 WIB Last Updated 2024-06-05T00:42:08Z


SAMPANG | JATIMSATUNEWS.COM - Viral dan sempat menjadi sorotan publik, perilaku oknum Lurah Karang Dalem, Kecamatan Sampang, yang diduga kuat melakukan pungutan liar pada program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) lintas sektor usaha mikro TA 2024.

Pada Selasa (04/06/2024), dari internal kelurahan terkonfirmasi bahwa oknum yang bertanggung jawab secara kelembagaan ini telah dipanggil oleh Tim Penyidik Tipikor Kejari Sampang.

"π™ΏπšŠπš” π™»πšžπš›πšŠπš‘ πšπš’πš™πšŠπš—πšπšπš’πš• π™ΊπšŽπš“πšŠπš›πš’ πš‚πšŠπš–πš™πšŠπš—πš, πšœπšŽπš”πšŠπš›πšŠπš—πš 𝚜𝚊𝚒𝚊 πšœπš’πš‹πšžπš” πšπšŠπš— πšπš’πšœπšžπš›πšžπš‘ πš–πšŽπš—πš’πš’πšŠπš™πš”πšŠπš— πš‹πšŽπš›πš”πšŠπšœ," ungkap seorang narasumber.

Narasumber tersebut menambahkan bahwa uang pungutan telah dikembalikan kepada penerima program sasaran. Namun, narasumber lain menyatakan bahwa saat awal menjabat, Lurah ini berjanji akan memperhatikan kesejahteraan internalnya, namun dalam realisasinya, banyak yang merasa kecewa. Salah satu penerima program SHAT mengaku diminta membayar Rp. 2 juta per peta bidang atas perintah Pak Lurah.

Di tengah kekalutannya, Masdoq, selaku Lurah Karang Dalem, terlihat bingung dan berusaha memanfaatkan jejaringnya untuk menghentikan sorotan terhadap dirinya. Masdoq bahkan mengajak media ini dan Tim untuk mediasi, namun ditolak setelah syarat mediasi yang diusulkan tak digubris.

"π™°πš’πš˜ πš™πšŠπš” πš”πšŽπšπšŽπš–πšžπšŠπš— πš‹πšŽπš›πšπšžπšŠ πšœπšŠπš–πšŠ 𝚜𝚊𝚒𝚊, πšπš˜πšŒπš‘ πšœπšŠπš–πš™πšŽπš’πšŠπš— πš”πšŠπš— πšπšŽπš–πšŠπš— 𝚜𝚊𝚒𝚊," kata Masdoq memelas via telepon.

Terkonfirmasi pula bahwa Masdoq beberapa kali berusaha menemui media ini & tim namun tidak berhasil.

Terpisah, Chairijah, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Sampang, memastikan akan mengawal ketat program berbasis kebutuhan pada usaha mikro ini. Dirinya juga menyatakan bahwa distribusi akan langsung dilakukan pada titik sasaran agar pihaknya mengetahui persis situasi di lapangan.

Pada pemberitaan sebelumnya, Dulla, seorang korban pungli yang berprofesi sebagai Satpam, memberikan testimoni saat diklarifikasi di rumahnya di Jalan Keramat I Sampang.

 "π™½πšŠπš–πšŠπš—πš’πšŠ πšœπšŠπš“πšŠ πš™πš›πš˜πšπš›πšŠπš– πšœπšŽπš›πšπš’πšπš’πš”πšŠπš πš–πšŠπšœπšœπšŠπš• π™ΏπšŠπš”, πšœπš’πšŠπš™πšŠ πš’πšŠπš—πš πšπšŠπš” πšπšŽπš›πšπšŠπš›πš’πš”," ungkapnya.

Pada Februari 2024, Dulla diminta uang senilai Rp. 1 juta meskipun tidak memiliki tabungan dan harus meminjam untuk memenuhi permintaan oknum tersebut. Kini, Dulla merasa menyesal dan mempertanyakan kinerja Masdoq sebagai Lurah Karang Dalem yang sulit ditemui.


π™ΏπšŽπš πšŠπš›πšπšŠ: π™΅πšŠπšŒπš‘ 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diduga Pungli Program SHAT, Oknum Lurah Karang Dalam Dipanggil Kejari Sampang

Trending Now