Mengajarkan dan Meningkatkan Kreativitas, Mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak Memperkenalkan Karya Seni Kolase Kepada Siswa-siswi SDN 01 Jarak

Anis Hidayatie
15 Mei 2024 | 14.54 WIB Last Updated 2024-05-15T08:05:04Z

Mengajarkan dan Meningkatkan Kreativitas, Mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak Memperkenalkan Karya Seni Kolase Kepada Siswa-siswi SDN 01 Jarak

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM:  Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak adalah mengajarkan anak-anak SDN 01 Jarak untuk membuat kolase terkhusus pada siswa-siswi kelas 1 dan 2. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur. Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan menempelkan berbagai bahan pada satu permukaan gambar. 

Biasanya bahan-bahan yang digunakan dalam kolase dapat berupa kertas, logam, foto, stiker, biji-bijian, dan lain-lain. Manfaat memperkenalkan kolase pada anak SD adalah dapat melatih motorik halus anak, meningkatkan kreativitas, melatih konsentrasi, mengenalkan warna, bentuk, serta jenis dan aneka bahan pada anak. 

Mahasiswa KKN-T menggunakan sketsa buah apel serta kacang hijau dan kacang kedelai sebagai bahan untuk menempelinya. Terlihat siswa siswi SDN 01 Jarak sangat antusias dan semangat dalam mengerjakan kolase tersebut. Mereka menunjukkan kreativitas yang luar biasa dalam membuat kolase ini.

 Menurut pengakuan beberapa siswa mereka belum pernah membuat kolase sebelumnya. Maka dari itu kegiatan ini mendapat sambutan positif dari kepala sekolah dan guru-guru yang ada di SDN 01 Jarak. 

Sebagai penutup dalam kegiatan kolase ini kami membuat games singkat yang tentunya lucu dan seru serta meminta siswa-siswi untuk menulis kesan dan pesan selama pembelajaran kolase berlangsung’.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengajarkan dan Meningkatkan Kreativitas, Mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak Memperkenalkan Karya Seni Kolase Kepada Siswa-siswi SDN 01 Jarak

Trending Now