Kunjung Di Hadapan Bupati Tuban, Sampaikan 3 Tugas Utama Komnasdik dan 4 Proker

Admin JSN
13 April 2022 | 18.51 WIB Last Updated 2022-04-13T11:51:43Z
TUBAN I JATIMSATUNEWS.COM: Kunjungan Ketua Komnasdik Jatim dan jajaran ke Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky kemarin masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pengurus Komnasdik hingga hari ini, Rabu 13/4/2022.

Hal ini terkait apresiasi bupati terhadap langkah Komnasdik, berharap turut meningkatkan mutu pendidikan. Memberi rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan pendidikan pula. 

"Banyak kepala sekolah yang ketar ketir terkait penggunaan dana BOS. Diharapkan hadirnya Komnasdik ini bisa menjadi bapaknya pendidikan sehingga dapat menjadi tempat mengadu para kepala sekolah," cetus bupati kepada Ketua Komnasdik dan rombongan. 

Disampaikan pula oleh Bupati, apabila ada MoU dari Komnasdik terkait sosialisasi dan pembimbingan para kepala sekolah. Maka Bupati akan mengundang kepala sekolah mulai jenjang PAUD, SD, SMP, SMA sederajat.

 "Apabila Komnasdik Jatim mendatangkan Kapolda, Kajati dan Inspektorat Jatim untuk membuat kegiatan sarasehan pengelolaan dana BOS, dana BPOPP dan dana partisipasi masyarakat, maka kami akan mengundang mereka semua," jelas bupati.

Sementara itu dari pihak Komnasdik ketua Kunjung Wahyudi selain memperkenalkan jajaran yang dibawa juga menjelaskan tentang tugas utama Komnasdik.

"Tugas utama Komnasdik ada 3 pertama, melakukan pengawasan, kedua pengkajian dan ketiga adalah pemantauan pelaksanaan sistem pendidikan," papar Kunjung.

Selain itu, Kunjung juga menyampaikan pogram kerja dari Komnasdik Jatim, yaitu:

Pertama, mensosialisasikan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah, sasaran Kepala Sekolah, Ketua Komite dan Bendahara Komite

Kedua, memberikan Diklat dan Workshop untuk Guru agar punya kompetensi keahlian

Ketiga, mengkolaborasikan pendidikan dengan pelaku UMKM.

Keempat, mengadakan Festival Ekonomi Kreatif Tuban 2022.

Diterima bupati Tuban di rumah Dinas, pertemuan selain dihadiri bupati Aditya Halindra Faridzky juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Joko Priyono, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Witono, Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Rasmani, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Welly Kurniawan, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban Imam Hambali, Ketua Komnasdik Provinsi Jatim Kunjung Wahyudi, Ketua Komnasdik Kabupaten Tuban Bangun Purnomo, Wakil Ketua I Komnasdik Kabupaten Tuban Mat Sa'roni, Koord SMP/MTs Komnasdik Kabupaten Tuban Denny Tricahyo Utomo, Koordinator Pendidikan Tinggi Komnasdik Kabupaten Tuban Ciptono, serta Pengurus Komnasdik Kabupaten Gresik Ninik Agustini.

Menambahkan dalam pemaparan, Kunjung menjelaskan pula hal-hal yang perlu disinergikan dengan Pemda. 
"Hal yang perlu disinergikan dengan Pemda adalah bagaimana pelaksanaan sistem pendidikan berjalan dengan baik adalah penanganan penyelesaian masalah diselesaikan di internal Dinas Pendidikan," cetus Kunjung. 

Menanggapi kesan pertemuan dengan bupati Tuban Kunjung dalam wawancara Jatimsatunews hari ini Rabu 13/4/2022 secara khusus menyampaikan bahwa Mas Bupati Tuban sangat mengapresiasi usulan kegiatan yang disampaikan Komnasdik Jatim baik untukPendidikan maupun edukasi buat pelaku UMKM di Kab Tuban. 

Langkah  tersebut antara lain, 
1. Komnasdik Jatim siap memberikan pendampingan hukum buat sekolah dan madrasah di Kab Tuban, agar masalah tersebut tidak masuk di ranah pidana dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

2. Komnasdik Jatim siap memberikan Diklat dan Uji Kompetensi buat Guru-guru mulai tingkat PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Pelaku UMKM di Kab Tuban.

3. Komnasdik Jatim akan terus bersinergi dengan Dinas terkait dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kab Tuban.

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjung Di Hadapan Bupati Tuban, Sampaikan 3 Tugas Utama Komnasdik dan 4 Proker

Trending Now